Dikarenakan nama blog ini terlalu panjang anda bisa membukanya di

http://thereallymuslim.co.cc

Senin, Maret 22, 2010

44 Kesalahan Orang Shalat



44 Kesalahan Orang Shalat

Dikarenakan sering dan selalu dilakukan minimal lima kali sehari semalam, shalat menjadi rutinitas yang dilakukan secara otomatis oleh seorang muslim. Dia tak perlu banyak berpikir tentang apa yang dibaca dalam shalat, apa maknanya, sps urgensinya, dan dengan siapa dia berhadapan. Banyak juga yang tak mau tahu, apakah shalatnya sudah benar apa belum, memenuhi syarat sahnya shalat ataukah tidak. Banyak yang masih beranggapan, bahwa jika menjalankan shalat, maka kewajibannya selesai. Maka saya membuat artikel ini untuk membantu orang muslim melaksanakan shalat dengan sebenar-benarnya sesuai sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam.


Kesalahan Shalat ke-1

Berjalan Tergesa-gesa ke Masjid Mengejar Ruku'
Di antara kesalahan-kesalahan paling nyata dan sering dilakukan orang yang melakukan shalat adalah, berjalan tergesa-gesa menuju masjid. mereka yang tergesa-gesa ini sebenarnya ingin mendapatkan jamaah bersama imam sebelum ruku' atau sebelum imam mengangkat kepalanya dari ruku', sehingga ia berharap tidak ketinggalan satu rakaat pun dalam shalat jamaahnya.


Berjalan dengan tergesa-gesa adalah perbuatan yang dilarang Rasulullah Sallallahu Alaihi wa Sallam. Beliau bersabda:

"Apabila shalat telah dimulai, maka jangan kamu mendatanginya tergesa-gesa. Namun datangilah dengan berjalan, dan kamu harus tenang. Lalu, apapun yang kalian dapatkan (bersama imam), maka shalatlah. Dan apa yang kalian tertinggal, maka sempurnakanlah." HR. Al-Bukhari, Muslim, An-Nasa'i, Abu Dawud, dan Ibnu Majah. 

Ada sebuah kisah yang mendukung larangan ini.
Abu Qatadah Radhiyallahu Anhu Mengisahkan; Ketika kami sedang shalat bersama Rasulullah Sallallahu Alaihi wa Sallam, kami mendengar suara langkah-langkah keras dan hiruk pikuk. Lalu, selepas shalat Rasulullah bertanya, "Apa yang yang kalian lakukan tadi?" Para sahabat menjawab, "kami tergesa-gesa mengejar shalat." Rasulullah bersabda, "Jangan kalian lakukan hal itu. Apabila kalian akan mendatangi shalat jamaah, maka datangilah dgn tenang. Apapun yang kamu dapati dari imam, kerjakanlah. Dan apa yang tertinggal, sempurnakan." HR. Al-Bukhari, Muslim, dan Ahmad.

Dengan kesalahan yang pertama ini kita jadi tahu bahwa tergesa-gesa ke masjid atau mengejar rakaat shalat dalam berjamaah dilarang oleh Rasulullah.

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger