Dikarenakan nama blog ini terlalu panjang anda bisa membukanya di

http://thereallymuslim.co.cc

Sabtu, Maret 13, 2010

Dominasi dalam Islam

MENINGKATKAN WAWASAN KEISLAMAN

Dalam rangka meningkatkan wawasan keislaman kita, maka perlu kita memahami beberapa hal berikut:


1) Islam adalah agama Tauhid

Artinya sebuah agama yang mengajarkan akan ke Esaan Allah Sebagai penguasa alam semesta.Maka beriman kepada pencipta alam semesta merupakan kenyataan yang bisa diterima oleh setiap akal sehat. pencipta itu ialah Allah yang hanya dia saja yang berhak disembah. oleh karena itu do'a kita, sholat kita, tawakkal kita dan lain-lain. Terutama dalam berdo'a. Rasulullah bersabda : "Do'a itu adalah ibadah." (Hadis Hasan Shahih riwayat Turmudzi)



2) Islam agama pemersatu dan bukan pemecah belah.

Allah berfirman: "Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali(agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai...."(QS. Ali Imran 103).

Islam mengajarkan agar beriman kepada semua utusan Allah yang diutusNya untuk memberikan petnjuk kepada umat manusia dan untuk mengatur kehidupannya dan beriman bahwa Rasulullah Muhammad adalah penutup semua Rasul-rasul Allah. Beliau diutus kepada seantero manusia untuk menyelamatkan mereka dari kelaliman, dan dari agama-agama palsu.



3) Islam adalah agama yang mudah.

Jelas dan bisa dimengerti. Islam tidak mengakui Tahayyul dan kepercayaan yang merusak serta falsafah yang sulit,ia dapat diterapkan di segala tempat dan waktu.



4) Islam tidak memisahkan antara moril dan materiel.

Ia memandang kehidupan ini sebagai kesatuan yang meliputi keduanya. Ia tidak mengambil salah satunya dan meninggalkan yang lain.



5) Islam mengajarkan persamaan, persaudaraan sesama muslim.

Ia anti terhadap semua yang bersifat perbedaan daerah dan tingkat sosial. Allah berfirma: "Sesungguhnya orang yang mulia pada sisi Allah di antaramu adlah yang paling takwa di antaramu." (QS. Al-Hujurat 13).



6) Islam tidak mengajarkan kekuasaan pendeta yang memonopoli agama.

Islam juga tidak mengenal pikiran yang sulit dibuktikan kebenarannya. Juga tidak mengenal apa yang disebut pembesar-pembesar agama yang dipuja. Setiap manusia bisa mempelajari Al-Quran dan Hadits Rasulullah menurut paham-paham orang-orang shaleh dahulu, kemdian mewarnai kehidupan masyarakat sesuai dengan Qur'an dan Hadits.



7) Islam adalah agama Hanif (lurus) dan melarang kesyirikan.

Yaitu: menyamakan Selain Allah dengan Allah pada apa-apa yang hanya menjadi kekhususan bagi Allah.

Allah Berfirman: "Dengan ikhlas kepada Allah, tidak mempersekutukan dengan dia. barangsiapa mempersekutukan sesuatu dengan Allah, maka adalah ia Seolah-olah jatuh dari langit lalu disambar oleh burung, atau diterbangkan angin ke tempat yang jauh." (QS. Al-Haj 31).

Barangsiapa yang meninggalkan keimanan, maka kedudukannya adalah seperti orang yang jatuh dari langit, lalu tubuhnya hancur berkeping-keping, karena disambar oleh burung atau dihempas oleh angin dan terlempar di tempat yang jauh. Demikianlah orang yang melakukan kesyirikan dan meninggalkan dari berpegang teguh terhadap keimanan, maka ia akan disambar oleh syaithon dari segala arah, lalu dicabik-cabik kemudian dibawa kepada kesirnaan agamanya dan dunianya.

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger